Friday 28 October 2016

Sumpah Pemuda ke-88

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Tiga kalimat diatas merupakan keputusan Kongres Pemuda Indonesia Kedua yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta) pada tanggal 28 Oktober 1928. Kongres yang dipimpin oleh tokoh pemuda Indonesia, Soegondo Djojopoespito, seolah membangkitkan semangat untuk mencapai kemerdekaan yang telah lama diidamkan.
Setiap tanggal 28 Oktober, kita selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dengan memperingati Hari sumpah pemuda, diharapkan kita tidak melupakan jasa-jasa perjuangan seluruh elemen pemuda yang telah menebar semangat patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan yang melahirkan sebuah komitmen yang tercantum dalam teks Sumpah Pemuda 1928 yang ditulis oleh Moehammad Yamin.
Tepat hari ini adalah peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-88. Di era digital ini, pemuda merupakan aset terbesar negara untuk saat ini dan masa depan. Pemuda yang cerdas, pemuda yang pintar dan pemuda yang pantang menyerah adalah harapan terbesar bangsa Indonesia untuk merubah Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Bahkan, dengan lantangnya, Presiden Soekarno pernah berkata “Beri aku 10 pemuda, maka akan kugoncangkan seluruh dunia ini”.
Kita yang terlahir tidak pada masa perang sudah sepantasnya menghargai perjuangan-perjuangan terdahulu. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan bangsa ini. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memajukan Indonesia sehingga mampu bersaing dengan bangsa-bangsa maju lainnya. Menjadi pemuda cerdas, pintar dan pantang menyerah merupakan modal utama para pemuda untuk merubah bangsa ini. Karena, sebuah perubahan diawali dari diri sendiri.

No comments:

Post a Comment

Today

Let's Join Us - Journalits For Student 7

SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA JFS VII Syarat dan ketentuan umum • Peserta ialah pelajar tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat se-Kab...

Supported by

Ricahyap

Contact us

Name

Email *

Message *