Saturday 27 June 2015

“Lambaian Bola Matamu”

“Lambaian Bola Matamu”

Cerpen oleh : Salma Noer Baety

Sukabumi, 18 November 2010
“Ra, Tsani dipanggil sama bagian keamanan, dia ketahuan kabur lagi” teriakan itu menggema dari ujung asrama Halimah Sa’diyah. Suaranya menyelinap ke setiap celah kamar santri, memecah heningnya senja. Spontan ku lemparkan sapu yang tengah ku pegang. Tak peduli di belakangku ada orang ataupun tidak. Terlihat semua penghuni asrama menoleh ke luar, menatap tajam ke arahku ketika ku berjalan. Mereka saling berbisik di hadapanku. Sorot mata mereka terus membuntutiku.“Ya Allah, dia bikin ulah apa lagi coba?” batinku menggerutu.

“Ra, tadi ana disuruh ngasih tahu ke kamu katanya Tsani terancam di keluarkan dari pesantren. Pelanggarannya udah berat banget.” kalimat itu seolah menjadi sambutan selamat datang bagiku. Begitu cepat melesat bagai panah yang baru saja dilepas, menancap tepat di titik sasaran. Bak petir yang memecah langit kelabu kala itu.

“Masya Allah, dia ngelanggar apa lagi? Gak ada keringanan lagi buat Tsani?” mulutku bergetar tak kuasa menanyakan keadaan Tsani. “Gak ada, ra. Dewan guru udah ngambil keputusan kalau Tsani harus di keluarin dari pesantren dan berhenti sekolah juga.” Erika nampak tak tega menyampaikan hal ini padaku. Dia paham betul apa yang selama ini ku rasakan.

Ada yang jatuh dari pelupuk mataku hingga membasahi pipi ini. Batinku menjerit mendengarnya, bak tertusuk duri yang amat tajam. Tak sempat aku melepaskannya. Kakiku terus melangkah meninggalkan sosok Erika yang masih berdiri tegap. Dia menatapku begitu dalam, binar matanya seperti ingin menyampaikan sesuatu yang telah ia pendam. Maaf, tapi aku tak terlalu menghiraukanmu. Aku tak kuasa membendung seluruh isi hati, semuanya ku tumpahkan bersama angin yang menerpa ketika ku berlari. Bukan aku tak sayang padamu, tapi kini ada seorang yang tengah menanti kehadiranku.

***Bersambung***

No comments:

Post a Comment

Today

Let's Join Us - Journalits For Student 7

SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA JFS VII Syarat dan ketentuan umum • Peserta ialah pelajar tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat se-Kab...

Supported by

Ricahyap

Contact us

Name

Email *

Message *